Seni Hiburan "Tawa Gadis Padang Sampah"
Keyword Utama
-
Seni hiburan
-
Tawa Gadis Padang Sampah
-
Humor Nusantara
-
Kesenian tradisional lucu
-
Apresiasi seni hiburan
Keyword Turunan & LSI
1. Pengertian Seni Hiburan
-
Definisi seni hiburan
-
Fungsi seni hiburan: edukasi, hiburan, sosial
-
Bentuk seni hiburan tradisional dan modern
-
Unsur-unsur seni hiburan (tokoh, dialog, gerak, suara)
-
Seni hiburan dalam budaya Nusantara
2. Tawa Gadis Padang Sampah
-
Deskripsi pertunjukan atau cerita “Tawa Gadis Padang Sampah”
-
Karakter dan peran tokoh dalam pertunjukan
-
Alur cerita dan komedi dalam seni hiburan
-
Unsur humor dan pesan moral
-
Asal-usul dan konteks budaya
3. Humor Nusantara
-
Jenis humor tradisional (sandiwara, lawak, pantun lucu)
-
Humor dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Nusantara
-
Perbedaan humor tradisional dan modern
-
Teknik menyampaikan humor (dialog, gerak, ekspresi)
-
Contoh pertunjukan lucu daerah lain
4. Kesenian Tradisional Lucu
-
Sandiwara, lenong, ludruk, dan ketoprak komedi
-
Integrasi musik dan gerak dalam humor
-
Pertunjukan lucu sebagai media edukasi dan hiburan
-
Apresiasi bentuk seni hiburan tradisional
-
Peran pelaku seni dalam menyampaikan humor
5. Apresiasi Seni Hiburan
-
Menilai nilai estetika dan komedi
-
Mengidentifikasi pesan moral dan budaya
-
Memahami karakter dan teknik pertunjukan
-
Pentingnya apresiasi dalam pelestarian seni hiburan
-
Contoh apresiasi publik terhadap pertunjukan humor
Keyword Pendukung (SEO LSI)
-
Seni komedi Nusantara
-
Pertunjukan lucu tradisional Indonesia
-
Humor budaya lokal
-
Tokoh dan karakter dalam seni hiburan
-
Teknik menyampaikan komedi
Cerita Pendek Karya Ahmad Tohari

Belasan pemulung sudah ber-diri berkemmun di sisi selatan. Mereka sedang menimggu truk sampah datang. Ada pemulung perempuan memasang puntung rokok di mulutnya. Lalu bergerak ke sana-kemari meminta api. Ada tangan terjulur ke arali mulutnya. Api menyala dan asap segera mengepul. Tetapi perempuan itu kemudian berteriak. Rupanya tangan lelaki pemegang korek api kemudian mencolek pipinya. Dia kejar si lelaki dan balas mencubit punggungnya. Mereka bergelut. Mendadak muncul tontonan yang meriah. Korep dan Carmi ikut bersorak-sorak. Ada luapan sukacita dan teriakan-teriakan yang riuh. Begitu riuh sehingga bumng-burung gereja yang sedang cari makan di tanah seren-tak terbang ke udara. Seekor an-jing yang merasa terusik segera menghilang di balik mesin pe-ngeruk sampah yang telah lama rusak, menjadi sampah juga.
Truk yang dibawa Sopir Dalim masuk. Dan dalam satu detik suasana berubah. Kerumunan para pemulung buyar. Mereka berlari di belakang sampai truk berhenti. Pada detik sampah tercurah teijadilah suasana yang sangat ribut. Belasan pemulung termasuk Korep dan Carmi berubah layaknya sekandang ayam kelaparan yang ditebari pakan; berebut, sahng desak, saling men-dahului, saling dorong. Mereka berebut mengais sampah mencari apa saja selain, popok, kain pembalut atau bangkai tikus.
Korep. mendapat dua mangga separuh busuk..Carmi ceritanya lain. Mata Carmi terpana ketika ada barang jatuh dari bak truk menimpa kepalanya. Itu satu sepatu sebelah kanan yang bagus ukuran tanggung. Carmi segera mengambil sepatu itu. O, dia sering bermimpi memakai sepatu seperti itu. Dalam mimpinya Carmi melihat betisnya amat bersih dan berisi, dan makin indah karena bersepatu. Carmi sung-guh-sungguh berdebar. Dia makin keras mengais-kais tumpuk-an sampah dengan tangan untuk menemukan sepatu yang kiri. Keringat membasahi kening dan pipinya, tetapi Carmi gagal. Maka dia menegakkan punggung dan melihat sekelihng; barangkali sepatu yang satunya ada di sana. Atau ditemukan oleh pemulung lain. Gagal juga. Maka Carmi berhenti lalu meninggalkan timbun-an sampah. Dia bahkan membuang kembali tiga gelas plastik bekas air kemasan yang sudah didapatnya.
Di tepi padang sampah dia coba memasang sepatu itu pada kaki kanan. Hatinya kembali berdebar karena sepatu itu terasa begitu nyaman di kakinya. Di-lepas dan dibersihkan dengan remasan kertas koran. Setelah agak bersih dipasang lagi. Carmi berdiri, berputar dan mengangkat-angkat kaki kanan agar dapat memandang dengan seksama bagaimana sepatu itu menghiasi kakinya. Sungguh, dia berharap besok atau kapan sepatu yang kiri akan sampai juga ke padang sampah ini. Siapa tahu. Ya, siapa tahu. Bukankah benda apa saja bisa sampai ke sini?
Korep datang dan langsung tertawa melihat ulah temannya. Carmi merengut. Dia tersinggung tetapi tidak ingin menanggapi ulah Korep. Atau mata Carmi lebih tertarik kepada dua mangga di tangan Korep. Carmi lega karena Korep tanggap. Apalagi Korep tidak meneruskan bicara soal sepatu di kaki kanannya.
”Kita makan mangga saja. Ayo.” Ajak Carmi sambil memasukkan sepatu yang hanya sebelah itu ke kantung plastik kuning. Korep nyengir, tetapi ia merasa ajakan Carmi menarik juga. Maka Korep dan Carmi bergerak ke sisi timur. Di sana ada pohon ketapang yang rindang. Korep mengeluarkan pisau kecil pemberian Sopir Dalim. Satu mangga ada di tangan kiri. Dengan sekali gerak tersayatlah mangga itu tepat pada batas yang busuk. Carmi menatap permu-kaan sayatan yang berwarna kuning segar. Liur Carmi terbit, tetapi kemudian bergidik karena ada dua belatung muncul di per-mukaan sayatan. Korep tertawa, lalu membuat sayatan lagi, lebih ke dalam. Kali ini bagian mangga yang busuk benar-benar hilang. ’’Siapa bilang mangga separuh busuk tidak enak dimakan, iya kan?” Kata Korep sambil me-nyodorkan satu iris daging mangga tanpa busuk kepada Carmi. ”Iya, kan?” Carmi hanya tertawa. Korep menatap deretan gigi Carmi yang memang enak dilihat.
Setiap hari Carmi membawa-bawa kantung plastik kuning berisi sepatu sebelah kanan. Akhirnya semua orang tahu gadis kecil itu masih menunggu sepatu yang sebelah kiri. Mereka merasa iba. Itu hampir mustahil. Namun kepada Carmi semua pemulung berjanji akan membantunya. Sopir Dalim bahkan punya gagas an yang luar biasa. Dia akan menyuruh kedua awak truknya mendatangi setiap rumah di Jalan Anu. Keduanya akan disuruh bertanya kepada pembantu, sopir, atau tukang kebun di sana, apa mereka tahu di mana sepatu kiri yang sedang ditunggu Carmi.
Tetapi gagasan Sopir Dalim yang cemerlang itu tidak usah dilaksanakan. Beberapa hari setelah penemuan sepatu kanan oleh Carmi, Sopir Dalim digoda oleh kedua pembantunya. Saat itu dia tengah mengemudikan truk di jalan raya. Tiba-tiba di depan matanya, di luar kaca ruang kemudi ada sepatu kiri yang bergerak turun naik. Pasti sepatu itu diikat dengan tali panjang dan ujungnya dipegangi oleh pembantunya di bak truk. Dengan serta-merta Sopir Dalim menginjak pedal rem. Bunyi derit ban menggasak permukaan aspal. Di atas bak truk kedua pembantu terhuyung dan rubuh ke depan.
Sopir Dalim melompat turun, langsung melepas kacamata. Kedua awak truk juga turun. Salah satunya menyerahkan sepatu kiri itu kepada Sopir Dalim yang kemudian tersenyum lebar. Sambil memegangi gagang kacamata dia mengucapkan pujian kepada Tuhan sampai tiga kali.
”Kamu temukan di mana?”
”Ya di bak sampah depan rum ah di Jalan Anu, nomer be-rapa, lupa.”
’’Cukup. Di mana sepatu kiri ini kamu temukan bukan hal yang penting.”
Sopir Dalim berhenti bicara karena mau melepas kacamata dan memakainya lagi. Kini dia memijit-mijit dahi, terkesan sedang berpikir keras. Perilaku Sopir Dalim membuat dua pembantunya bertanya-tanya. Mikir tentang apa lagi? Bukankah hanya tinggal satu hal: menyerah-kan sepatu kiri ini kepada Carmi?
’’Nanti kamu yang menyerahkan sepatu ini kepada Carmi.” Ini perintah Sopir Dalim kepada pembantu yang bercelana pen-dek. Yang ditunjuk mengangkat muka karena agak terkejut. ’’Sebaiknya Pak Dahm saja.” ”Ya betul, sebaiknya Pak Dalim saja,” kata pembantu yang bercelana panjang. Dia mendukung temannya. Sopir Dahm mende-sah lalu melepas kacamata. Se-belum memakainya lagi dia ber-bicara dengan suara tertekan.
”Ah, kalian tidak tahu. Masalahnya, aku tidak sampai hati melihat Carmi pada detik dia menerima sepatu ini. Carmi mungkin akan melonjak-lonjak, tertawa-tawa, atau bahkan men-jerit-jerit karena begitu girang. Barangkali matanya akan ber-binar-binar atau sebaliknya, ber-linang-linang. Ah, hanya karena sebuah sepatu bekas yang di-ambil dari tempat sampah hati Carmi akan berbunga-bunga. Aku tidak akan tega menyak-sikannya. Itu akan terasa amat pahit di hati. Kalian bisa tega?”
Tanpa menunggu jawaban So-pir Dalim memutuskan lain. Sepatu kiri itu akan ditaruh di ba-wah pohon ketapang di sisi timur. Carmi dan Korep biasa berteduh di sana pada waktu tengah hari. Semua setuju, maka Sopir Dalim melompat ke ruang kemudi de-ngan sepatu kiri itu di tangannya. Kedua pembantu naikke atas bak dan truk pun bergerak menuju padang sampah.
Saat matahari tepat di atas padang sampah semua pemulung menepi ke empat sisi. Mereka akan menata hasil pemulungan, memasukkan ke dalam karung atau mengikatnya dengan tali plastik. Carmi juga menepi. Dia mendapatkan belasan gelas plastik bekas kemasan air minum, disusun rapi sehingga mudah di-bawa. Di tangan kiri masih ada kantung plastik kuning berisi sepatu kanan. Beriringan dengan Korep yang membawa seraup mangga separuh busuk, Carmi bergerak ke sisi timur menuju kerindangan pohon ketapang.
Ketika udara di padang sampah amat panas, tanpa angin, bau busuk mengembang ke ma-na-mana, burung gereja berda-tangan, juga anjing-anjing; sia-pakah yang kemudian mende-ngar Carmi tertawa keras diikuti teriakan hore berkali-kali? Tawa keras itu terasa sebagai pelam-piasan rasa gembira berlebihan sehingga terdengar memilukan hati?
Yang mendengar tawa Carmi belasan pemulung di padang sampah. Dan hanya mereka pula yang bisa memaknai dengan tepat serta menghayati sepenuh-nya tawa gadis kecil pemulung itu. Maka lihatlah, para pemulung berdiri dan tersenyum ketika memandang Carmi dan Korep pergi memnggalkan padang sampah. Carmi tertawa-ta-wa, tentu karena ada sepasang sepatu di kakinya Tetapi kedua bocah pemulung itu mau ke rna-na kiranya? Semua warga padang sampah tahu Carmi dan Korep tak punya rumah untuk pulang.
Penulis Tawa Gadis Padang Sampah
Di Kaki Bukit Cibalak (1977), Bekisar Merah (1993), Lingkar Tanah Lingkar Air (1995), Belantik (2001), dan Orang-orang Proyek (2002). Tohari sampai sekarang telah menulis delapan novel. Sampai sekarang di kampung halamannya ia tetap produktif menulis dan menjadi pembicara di sejumlah kota.