Menggelar Pertunjukan Teater Daerah Setempat Di Sekolah

Menggelar Pertunjukan Teater Daerah Setempat Di Sekolah


Teater merupakan kisah kehidupan manusia yang disusun untuk ditampilkan sebagai pertunjukkan di atas pentas oleh para pelaku dengan dan ditonton oleh publik (penonton). Baru dapat disebut seni pertunjukan teater apabila sudah dipentaskan.
Ketika kamu menggelar pertunjukan teater daerah, seluruh teknik dalam bermain drama hendaknya dipraktikkan secara maksimal. Mengapa demikian? Jika kamu berperan secara total dalam seni pertunjukan di sekolahmu, niscaya penonton akan merasa puas dengan pertunjukan tersebut.

Bagaimana persiapanmu dalam menggelar seni teater daerah di sekolahmu? Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika menggelar pertunjukan tersebut.

Penyusunan Acara

Tentunya kamu sudah terbiasa dalam sebuah acara, bukan? Nah, karena sebuah susunan acara begitu penting, dalam menggelar pertunjukan teater daerah di sekolahmu diperlukan susunan acara. Apa saja susunan acara dalam pertunjukan teater tersebut? Secara umum, susunan acara sebuah pertunjukan atau pergelaran terdiri atas pembukaan, sambutan, pelaksanaan pertunjukan, dan penutup.

Penataan ruang

Ruang pertunjukan merupakan hal yang penting dalam sebuah pergelaran seni teater.

Dalam ruang pertunjukan tentunya terdapat sebuah panggung yang difungsikan sebagai arena bermaian aktor. Posisi panggung biasanya berada agak tinggi dari penonton supaya dapat terlihat dengan jelas. Di dalam panggung sebuah pertunjukan teater daerah biasanya terdapat bentuk rumah adat ataupun lokasi yang meng-ambil kedaerahan. Tentunya hal ini akan disesuai-kan dengan tema lakon yang dipilih.

Supaya ruang pertunjukan tertata dengan baik, alangkah baiknya kamu memerhatikan komposisi pengaturan ruang pertunjukan berikut.
  • Komposisi disesuaikan dengan daerah permainan.
  • Menciptakan letak bahan-bahan untuk memperoleh gambaran yang indah dan artistik.
  • Cara pengaturan yang ditampilkan harus sanggup menguasai penonton.
  • Lokasi permainan.

Postingan populer dari blog ini

Pengemasan Produk Kerajinan dari Bahan Lunak

Pertunjukan Tari, Rias Cantik atau Tampan, Rias Tokoh

Olah Suara atau Vokal dengan teknik Pernapasan, Senam Wajah, Senam Lidah, Senam Rahang Bawah, Latihan Tenggorokan, Berbisik, Mengerik dan Bergumam, Bersenandung