Thursday, February 2, 2017

Jenis-jenis Gambar Bentuk, Ekspresif, Dekoratif, Konstruktif dan Ilustrasi

Ayoo Menggambar


Sebuah gambar hasil goresan tangan para seniman mempunyai jenis yang bermacam ragam seperti gambar bentuk, gambar ekspresif, gambar dekoratif, gambar konstruktif dan gambar ilustrasi. 

Baik mari simak penjelasan jenis-jenis gambar satu persatu.

Gambar Bentuk


Maksud dari gambar bentuk adalah menggambar dengan mencontoh objek nyata (realistis) yang ada di alam sekitar ataupun benda buatan.

Gambar Ekspresisf


Yang dikatakan Gambar Ekspresif yaitu gambar yang dibuat dengan bebas atas dasar imajinasi, persepsi, dan penafsiran si tukang gambar pada sebuah objek. Gambar ini berciri-ciri dengan bentuk yang dilebih-lebihkan (didramatisir) atau bahkan bentuk yang direduksi (hanya esensinya). Dan juga, penerapan warna ekspresif lebih cenderung bebas, bahkan jauh beda dengan warna aslinya. Seorang seniman bisa saja menggambar ekspresif dengan gaya yang bebas dan kadang tidak mengikuti kaidah perspektif, bayangan, atau skala.

Gambar Dekoratif


Yang dimaksud dengan gambara dekoratif yaitu gambar yang berpedoman pada pola-pola atau motif tertentu. Pola tersebut bisa berupa ragam hias yang telah mengalami proses stilasi atau deformasi yang digambarkan secara berulang-ulang. Gambar dekoratif ini memakai konsep utama menghias.

Gambar Konstruktif


Gambar konstrukti adalah gambar yang pembuatannya dengan mengikuti aturan-aturan tertentu secara objektif. Diantara aturannya adalah ukuran, skala, volume, bayangan, dan komposisi. Gambar konstruktif ada yang bisa diukur secara matematis (gambar teknik) dan ada yang terukur secara logika (perspektif dengan titik ukur terjauh di luar bidang gambar yang biasa dipergunakan adalah dengan cara perspektif, isometri, dan aksonometri.

Gambar Ilustrasi


Gambar ilustrasi yaitu gambar yang menceritakan seuatu kisah atau memberi penjelasan pada cerita atau naskah tertulis.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.