Friday, October 7, 2016

Karya Seni Rupa Murni Terapan Nusantara

Karya Seni Rupa Murni dan Terapan Nusantara


Apakah terpikirkan oleh Anda, bahan hasil karya para seniman itu merupakan ekspresi jiwa yang diungkapan melalui sebuah hasil karya seni.

Karya seni, kalau di tinjau dari fungsi bisa di kelompokan menjadi dua, yaitu seni rupa murni (fine art) dan seni rupa terapan (Applied art).

Sebelum memulai pembuatan karya seni rupa murni, terlebih dahulu perlu mempersiapkan peralatan dan bahan untuk mengetahui peralatan apa saja yang di butuhkan silahkan lihat artikel terdahulu pada bagian peralatan

Sebagai bahan latihan dalam praktik berkarya seni rupa murni, akan mengambil materi membuat hiasan (ornamen) berdasarkan pengembangan ragam hias yang terdapat di daerah Anda masing-masing.

Praktik Membuat Karya Seni Rupa Murni Hiasan


Untuk langkah-langkahnya lanjutkan menyimak uraian-uraian berikut secara seksama dan langsung di praktekan,

Dalam membuat hiasan ada 3 point yang harus di kerjakan yaitu :

  1. Terlebih dahulu membuat sketsa hiasan dengan menggunakan pensil sesuai dengan gambar yang sudah dirancang sebelumnya.
  2. Sesudah selesai pembuatan sketsa dengan pensil, lalu warnailah dengan menggunakan cat poster atau cat air, dan perlu diperhatikan komposisi warna yang serasi. Gunakan teknik sungging dalam pewarnaan. Maksudnya pewarnaan dengan cara menyusun warna atas dasar tingkatan warna atau disebut juga dengan gradasi dari warna tua sampai ke warna muda ataupun sebaliknya. Biasanya teknik pewarnaan sungging ini lebih banyak dipakai dalam pembuatan wayang kulit, batik, dan lain sebagainya.
  3. Jika hasil karya sudah selesai, untuk lebih memperindah dan awet bingkailah dengan kayu atau anda bisa berikan kerjaan ini pada ahli bingkai, setelah itu baru bisa di pajang pada saat pameran.
Karya Seni Rupa Murni Terapan Nusantara

Pewarnaan Teknik Sungging

Praktik Membuat Karya Seni Rupa Murni Berupa Poster

Sebagi praktik berkarya seni rupa terapan berikut ini kita akan merancang sebuah poster yang bertemakan "Perdamaian"
Untuk langkah-langkah kerja yang akan di lakukan adalah :
  1. Buatlah sketsa ilustrasi serta teks dengan menggunakan pensi sesuai gambar rancangan yang sudah Anda buat sebelumnya.
  2. Jika pembuatan sketsa sudah selesai, lanjutkan dengan pewarnaan dengan menggunakan cat poster atau cat air serta jangan lupa untuk mengatur komposisi warna yang serasi. Pakailah teknik pewarnaan blok (opaque) dengan warna-warna yang mencolok dan cerah supaya bisa menarik perhatian. Maksud teknik pewarnaan dengan cara mengeblok adalah teknik pewarnaan dengan cara mengeblok warna dengan intensitas warna yang sama.
  3. Jika sudah selesai dan bagus baru di bingkai untuk di pamerkan.

Contoh Poster yang bisa anda kembangkan


Poster dengan tema "Perdamaian"
Untuk Berlangganan Materi Silahkan Masukan Email Anda Pada Form Dibawah

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner