Pengertian dan Asas Menggambar Ekspresif

Hasil dari karya seni murni banyak ragam dan coraknya. begitu pula media serta peralatan yang dipakai dalam pembuatan seni murni. Seorang seniman dengan keahliannya mampu mengekspresikan perasaannya pada sebuah media sehingga menghasilkan buah karya yang indah. Berbagai hasil karya yang berasal dari deaerah yang ada di Indonesia, yang mana hasil karya dari masing-masing daerah tersebut memiliki ciri khas tersendiri. 


Pada tulisan ini akan membahas Gambar Ekspresif.

Karya seni bisa tampil dalam berbagai wujud, bentuk, dan sifat. Hal ini terjadi karena karya seni memiliki cakupan makna yang luas. Seorang seniman memiliki kemampun untuk mengekspresikan serta turut andil dalam menciptakan berbagai macam jenis karya. Dari sekian banyak seniman, masing-masing mereka memiliki spesialisasi, teknik, kesukaan, dan pilihan dalam berkarya.

Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekspresi bisa diartikan dengan pengungkapan atau proses dalam penyampaian pesan, perasaan dan gagasan. Dengan demikian maka gambar ekspresi mempunyai arti gambar yang dibuat bertujuan untuk mengunkapkan gagasan atau perasaan si penggambar dengan bebas tanpa ada keterikatan dengan aturan tertentu. 


Dalam membuat gambar ekspresi ada beberapa asas yang harus diikuti yaitu komposisi, keseimbangan, proporsi, irama, kesatuan, dan aksentuasi.

Apa yang di katakan dengan Komposisi. Komposisi merupakan suatu cara dalam menyusun unsur-unsur yang akan memberikan bentuk pada sebuah karya seni yang meliputi bidang, ruang, garis, warna, tekstur serta gelap dan terang. Dengan adanya komposisi maka sebuah hasil karya akan terlihat harmonis.

Keseimbangan atau dalam bahasa Inggrisnya Balance. Yang dimaksud dengan keseimbangan yang itu mengatur objek secara serasi pada sebuah bidang gambar sehingga objek utama akan terlihat jelas. Keseimbangan terdiri dari dua yaitu keseimbangan simetris, komposisi serasi dua objek atau lebih degan mebagi dua bidang gambar secara sama, dan keseimbangan asimetris, adalah kesimbangan yang dibuat dengan meletakkan unsur-unsur yang berbeda, baik bentuk, ukuran, maupun jarak.

Proporsi

Maksud dari proporsi adalah perbandingan bentuk antara benda yang satu dengan benda yang lainnya. Hal ini bertujuan supaya gambar terlihat lebih padu dan sedap dipandang. Tidak ada kepincangan atau berat sebelah.

Irama

Irama tidak hanya ada pada seni musik atau suara, pada seni menggambar juga dikenal istilah irama yang maksunya adalah kesan gerak yang dibentuk oleh garis, warna, bentuk dan tekstur secara berulang (repetition) dan gerakan (movement).

Kesatuan (Unity)

Dalam seni menggambar juga dikenal dengan istilah kesatuan. Maksudnya adalah perpaduan unsur-unsur dari berbagai elemen yang ada dan saling berhubungan serta melengkapi sehingga timbulah kesan bentuk yang baik.

Aksentuasi

Aksentuasi yaitu unsur pembeda pada gambar supaya tidak kelihatan monoton dan membosankan.

0 Response to " Pengertian dan Asas Menggambar Ekspresif "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

TotalPing | Google Ping | Ping Blog Search | Add Url | Google Master | Bing Master | Site Value | Seo Jerman | Riset Keyword | Keyword Planner