Pengertian Budaya dan Perwujudan Kebudayaan

Pengertian Budaya Di Tinjau Dari Segi kata dan Bahasa


Budaya adalah bentuk jamak dari kata "budi" dan "daya" yang berarti cinta, karsa, dan rasa. Sebenarnya kata "budaya" berasal dari bahasa Sanskerta, budhayah, yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi yang memiliki arti budi atau akal. Di dalam bahasa Inggris, kata budaya ini berasal dari kata culture dan dalam bahasa Belanda disebutnya dengan kata cultuur. Dalam bahasa latin, berasal dari kata colera maksudnya mengerjakan, mengolah, menyuburkan, dan mengembangkan tanah (bertani).
Seiring dengan perkembangan maka pengertian budayapun berkembang  dalam artian culture yang bermakna segala daya dan aktivitas yang dilakukan manusia dalam mengolah serta mengubah alam. Menurut pendapat para pakar tentang pengertian budaya atau kebudayaan sebagai berikut :
1. E.B. Taylor (1832-1917), budaya adalah suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, keilmuan, hukum, adat istiadat, dan kemampuan yang lain, serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
2. R. Linton (1893 - 1953), kebudayaan dapat dipandang sebagai konfigurasi tingkah laku yang dipelajari dari hasil tingkah laku yang dipelajari, dimana unsur pembentukannya didukung dan diteruskan oleh anggota masyarakat lainnya.
3. Koentjaraningrat (1923-1999), kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, milik diri manusia dengan belajar.
4. Selo Soemardjan (1915-2003) dan Soelaeman Soemardi kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
5. Herkovits (1985 - 1963), kebudayaan adalah bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia.
Jika di lihat dari penuturan para pakar diatas, maka kebudayaan atau budaya ini menyangkut seluruh aspek kehidupan manusia baik materil maupun nonmateril. Dan sebagian besar para ahli mengartikan kebudyaan seperti ini kemungkinkan besar sangat dipengaruhi oleh pandangan evolusionisme, yaitu sebuah teori mengatakan bahwa kebudayaan itu akan berkembang dari tahapan yang sederhana menjadi tahapan yang lebih kompleks.

Gambar Jenis-jenis Kebudayaan di Lihat dari Model Pakaian





Foto Bersumber dari Pinteres.

0 Response to " Pengertian Budaya dan Perwujudan Kebudayaan "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

TotalPing | Google Ping | Ping Blog Search | Add Url | Google Master | Bing Master | Site Value | Seo Jerman | Riset Keyword | Keyword Planner