Kerajinan Terapan,Kerajinan Ukir, Kerajinan Anyaman, Kerajinan Topeng,Kerajinan Tenun,Kerajinan Wayang,Kerajinan Keramik

Sebelumnya sudah di perkenalkan tentang Kerajinan Batik. Selain itu yang termasuk dalam Karya Seni Rupa Terapan Daerah Setempat yaitu Kerajinan UkirKerajinan Anyaman, Kerajinan Topeng, Kerajinan Tenun, Kerajinan Wayang, dan Kerajinan Keramik. Sekarang simak penjelasannya satu-persatu.


1. Kerajinan Ukir

Berbagai macam jenis Kerajinan Ukir yang ada di Nusantara ini, diantaranya adalah berupa seni ukir kayu dan seni ukir logam, yang mana daerah-daerah penghasil kerajinan ukir kayu seperti Jepara, Cirebon, Bali, Kalimantan, Papua, Madura dan Sumatera. Umum di setiap wilayah Indonesia memiliki karya seni ukir yang memiliki corak dan jenis ukiran yang berbeda-beda untuk menunjukan ciri khas daerahnya.
Di samping kerajinan ukir kayu, kerajinan ukir logam banyak di jumpai di wilayah nusantara ini, Yang mana kerajinan ukir logam terbuat dari perak, tembaga, emas, dan kuningan. Adapun proses pembuatan kerajinan logam adalah dengan menggunakan teknik cetak atau cor, tempat, toreh dan penyepuhan, diantara wilayah yang menjadi penghasil kerajinan logam di Nusantara yaitu Jawa Tengah dan Yogyakarta dan juga wilayah-wilayah lainnya.
Kerajinan Ukir
Kerajinan Ukir

2.  Kerajinan Anyaman

Dalam kehidupan sehari-hari anyaman banyak kita jumpai, baik berupa benda pakai ataupun sebagai benda hiasan. Anyaman dibuat dari bahan alami dan bahan sintetis. Adapun bahan-bahan yang alami yang biasa digunakan untuk anyaman antara lain bambu, rotan, daun mendong, dan janur. Untuk bahan-bahan sintetis yang digunakan, yaitu plastik, pita, dan kertas. Diantara daerah penghasil kerajinan anyaman yaitu Bali, Kudus, Kedu, Tasikmalaya, Padang, dan Tangerang.
Kerajinan Anyaman

3. Kerajinan Topeng

Topeng adalah merupakan hasil dari karya seni kerajinan yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan perlengkapan tarian dan hiasan. Kerajinan topeng ini umumnya terbuat dari bahan kayu. Adapun daerah penghasil kerajinan topeng adalah Yogyakarta, Cirebon, Bali, Surakarta, dan Bandung yang mana dari setiap daerah tersebut memiliki ciri khas topeng yang bermacam-macam.

Kerajinan Topeng
4. Kerajinan Tenun

Diantara kerajinan Tradisional adalah Tenun yang dibuat dengan teknik dan alat khusus. Kerajinan tenun banyak terdapat di Kalimantan, Minangkabau, Sumatera Utara, NTT, NTB, Lampung, Flores, Sulawesi dan Palembang. Motif yang dibuatpun berlainan di setiap daerah. Berbagai macam motif tenun dari Palembang, diantaranya mawar Jepang, Cantik manis, bintang berantai, nago besaung, dan bunga cino.

Jenis tenun ada dua macam yaitu tenun ikat dan tenun songket. Keduanya dalam proses, bahan dan teknik pembuatannya berbeda. Pada songket terdapat tambahan benang emas yang di letakan dengan teknik tusuk  dan cukit.
Kerajinan Tenun
5. Kerajinan Wayang

Wayang merupakan budaya asli Nusantara, yaitu ceritanya berawal dari budaya Hindu India. Adapun wayang dibuat untuk seni pertunjukan sekaligus sebagai hiasan. Wayang mempunyai dua jenis yaitu wayang kulit dan wayang golek. Yang mana perbedaan terletak dari jenis bahan pembuatannya. Wayang kulit terbuat dari kulit dan wayang golek terbuat dari kayu. Daerah yang menghasilkan kerajinan wayang yaitu Bali, Yogyakarta dan Surakarta.
Kerajinan Wayang
6. Kerajinan Keramik

Keramik adalah hasil karya seni kerajinan yang pembuatan berasal dari bahan dasar tanah liat. Hasil kerajinan keramik ini bermacam-macam. Di samping untuk keperluan sehari-hari seperti Mug, Mangkok, Piring, vas bunga, guci, cangkir dan lain-lainnya juga di jadikan sebagai hiasan. Daerah di Nusantara ini yang menghasil kerajinan keramik diantaranya Kasongan (Yokyakarta), Sompok dan Mayong (Jepara).

Kerajinan Keramik

Demikian telah diuraikan tentang Kerajinan Terapan,Kerajinan Ukir,Kerajinan Anyaman,Kerajinan Topeng,Kerajinan Tenun,Kerajinan Wayang,Kerajinan Keramik semoga adik-adik bisa memahami dan membuat kesimpulan seni diri maksud dan pengertian Karya Seni Terapan.

Postingan populer dari blog ini

Pertunjukan Tari, Rias Cantik atau Tampan, Rias Tokoh

Pengemasan Produk Kerajinan dari Bahan Lunak

Olah Suara atau Vokal dengan teknik Pernapasan, Senam Wajah, Senam Lidah, Senam Rahang Bawah, Latihan Tenggorokan, Berbisik, Mengerik dan Bergumam, Bersenandung